Berita Perpustakaan

Polaman River Tubing

Sumber daya alam sebagai salah satu potensi wilayah, selama ini banyak yang belum digarap dan dimanfaatkan secara optimal. Padahal dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki, sebuah desa bahkan dusun sekalipun, mampu mandiri dalam menopang kegiatannya. Sebagaimana yang dilakukan Pokdarwis dusun Polaman, Argorejo, Sedayu, Bantul, dengan memanfaatkan arus sungai Konteng yang membelah pedukuhan itu sebagai wahana rekreasi rileksasi tubing, ternyata penyebot banyak peminat.

“Kita mencoba memanfaatkan potensi alam yang ada di dusun ini bagi pengembangan kegiatan masyarakat, semua masih dilakukan secara mandiri,” ungkap Kepala dusun Polaman Suparjo SPd, kepada Merapi di lokasi Polaman River Tubing, Senin (27/8).

Selama ini potensi alam di wilayah Dusun Polaman punya daya pikat yang eksotis, namun belum mampu digarap secara optimal. Adanya wahana susur sungai dengan tubing, diharapkan akan membuka peluang lebih banyak lagi potensi dusun yang bisa dijadikan unggulan bagi pengembangan wisata minat khusus di wilayah Kecamatan Sedayu.

“Ini murni swadaya masyarakat pedusunan dengan bergotong royong, bahkan memanfaatkan tanah milik warga. Secara bersama-sama kita kelola untuk mensejahterakan warga. Belum ada suntikan bantuan dari luar,” tandas Suparjo yang didampingi Wakil Ketua Pokdarwis Polaman Wagiran dan Ketua Pokgiat yang juga Pembina Pakdarwis Sugianto.

Aliran sungai Konteng memang memiliki batuan karst yang spesifik dan itu bisa dinikmati ketika menelusuri arus sungai yang tenang. Berbagai spot indah seperti gua Perno, air terjun di talang bendungan kuna Polaman peninggalan masa VOC, hingga jernihnya air belik Beji menjadi sejumlah daya atarik yang ditawarkan bagi petualangan basah ini.

Smber: argorejo.bantulkab.go.id

Site Statistics
  • Today's visitors: 6
  • Today's page views: : 9
  • Total visitors : 1,446
  • Total page views: 2,030