Alur Peminjaman dan Pengembalian Buku
Alur peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan Loka Ghana
SMA N 1 Sedayu
- Alur peminjaman dan pengembalian melalui petugas
Untuk Standar Operasional Prosedurnya (SOP) nya adalah
Alur peminjaman
- Pemustaka mengisi daftar kunjung perpustakaan ke komputer yang sudah disediakan;
- Setelah itu pemustaka mencari koleksi buku melalaui katalog online (OPAC) agar lebih mudah dalam pencarian;
- Setelah itu pemustaka menuju rak buku sesuai dengan kelas buku yang dicari (kelas buku didapat dari pencarian di OPAC);
- Setelah menemukan buku, pemustaka menuju counter layanan sirkulasi;
- Pemustaka meyerahkan buku yang akan dipinjam dan kartu anggota perpustakaan;
- Pengelola perpustakaan memproses peminjaman buku;
- Pengelola perpustakaan memberikan batas akhir peminjaman di slip tanggal kembali di akhir halaman buku;
- Pengelola perpustakaan meyerahkan buku yang sudah di proses dan kartu anggota perpustakaan ke pemustaka; dan
- Proses selesai.
NB: jika terjadi pemadaman listrik
Point no 1. Dilakukan secara manual dengan menuliskan di buku kunjungan
Point no 2. Dilakukan melalui katalog manual di lemari katalog
Point no 6. Pengelola perpustakaan memproses secara manual
Alur pengembalian
- Pemustaka mengisi daftar kunjung perpustakaan ke komputer yang sudah disediakan;
- Pemustaka menemui pengelola perpustakan di layanan sirkulasi dan menyerahkan buku ke pengelola perpustakaan;
- Pengelola perpustakaan memproses buku yang dikembalikan sedangkan pemustaka menunggu proses tersebut;
- Pengelola perpustakaan menginformasikan ke pemustaka tentang hasil dari proses tersebut (apakah buku tersebut terlambat dalam pengembalian/kena denda/ dikembalikan sesuai batas waktu); dan
- Proses selesai.
Alur peminjaman mandiri dan pengembalian melalui book drop
Salah satu layanan yang ada di Perpustakaan Loka Ghana adalah Layanan Sirkulasi Mandiri. Layanan sirkulasi mandiri merupakan salah satu inovasi layanan selama masa pandemi, dengan layanan ini pemustaka mampu memproses secara mandiri peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan untuk menghindari kontak langsung dengan petugas. Dalam peminjaman mandiri ini, pemustaka secara mandiri dapat memilih buku yang akan dipinjam kemudian dapat memproses buku yang akan dipinjamnya sendiri.
Untuk Standar Operasional Prosedurnya (SOP) nya adalah
- Pemustaka mengisi daftar kunjung perpustakaan ke komputer yang sudah disediakan;
- Setelah itu pemustaka mencari koleksi buku melalaui katalog online (OPAC) agar lebih mudah dalam pencarian;
- Setelah itu pemusataka menuju rak buku sesuai dengan kelas buku yang dicari (kelas buku didapat dari pencarian di OPAC);
- Setelah menemukan buku, pemustaka menuju counter peminjaman mandiri;
- Pemustaka memproses peminjaman buku secara mandiri;
- Pemustaka menscan kartu siswa ke menu ID anggota agar bisa masuk menu peminjaman, kemudian scan barcode buku yang akan dipinjam;
- Setelah selesai memasukan kode buku , klik selesai transaksi;
- Setelah itu pemustaka mencetak bukti transaski melalui print thermal sebanyak 2 lembar (1 untuk pemustaka dan 1 untuk diletakkan di meja petugas);
- Pemustaka dapat mengembalikan buku sesauai batas akhir peminjaman yang tertera di bukti/slip transaksi; dan
- Proses selesai.
NB. Jika ada pemadaman listrik layanan sirkulasi mandiri tidak bisa dilakukan
Gb. 2 Layanan Pengembalian Mandiri (BookDrop)
Untuk pengembalian buku yang dipinjam pemustaka dapat mengembalikan buku secara mandiri melalui bookdrop yang nantinya buku tersebut akan diproses kembali oleh petugas.
Untuk Standar Operasional Prosedurnya (SOP) nya adalah
- Pemustaka tinggal datang ke perpustakaan dan langsung memasukkan buku melalui kotak bookdrop yang sudah disediakan oleh perpustakaan; dan
- Kemudian buku tersebut akan di proses oleh pengelola perpustakaan dan akan di selving ulang ke rak buku.
Untuk lebih mudah memahami tentang Alur peminjaman mandiri dan pengembalian melalui book drop . Bisa dilihat videonya di link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=6ZzYB2_SkdU