Berita Perpustakaan

Sentra Sangkar Burung Jaten

Dusun Jaten berlokasi di sekitar 2 km arah barat laut dari ibu kota Kecamatan Sedayu.  Dusun nan asri bernuansa alami yang jauh lalu Lalang dan hirk pikuknya kendaraan ini ternyata menyimpan potensi yang jarang ditemui di zaman semodern ini. Di dusun inilah terdapat sentraindustri sangkar burung.

       Semula bahan dasar utama sangkar burung di dusun Jaten aalah rotan, namun dengan bertambahnya waktu sehingga rta semakin sulit didapatkan. Warga masyarakat Jaten pun tidak kurang akal. Demi mempertahankan dusun sentra sangkar burung, kreativitas masyarakat un tertantang untuk memodivikasi bahan sangkar burung menggunaan bambu dan kayu.                

Aneka model dan ukuran sangkar burung tetap berhasil diwujudkan dari dusun unggulan ini. Harga jualnya pun bervariasi sesuai dengan ukuran, kerumitan, dan bahan yang digunakan. Sangkar burung produk dusun Jaten ini telah merambah sampai di beberapa wilayah Indonesia sehingga tidak heran jika sebagian besar warga  Jaten menggantungkan hidupnya untuk mencari nafkah melalui produk unggulannya..

Site Statistics
  • Today's visitors: 3
  • Today's page views: : 4
  • Total visitors : 1,147
  • Total page views: 1,654