Berita Perpustakaan

Pengabdian Masyarakat: Perpustakaan Keliling Lokaghana SMA Negeri 1 Sedayu ke SDN 1 Pedes dan SDN 2 Pedes

Perpustakaan Loka Ghana SMA Negeri 1 Sedayu Daerah Istimewa Yogyakarta setelah lama vakum akibat PPKM pandemi covid 19, mulai  merintis kembali program pengabdian masyarakat melalui perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling kali pertama dilaksanakan hari Kamis tanggal 27 oktober 2022. Sasaran pertama kunjungan adalah SD Negeri Pedes 2 dan SD Negeri 1 Pedes Kabupaten Bantul.

Program perpustakaan keliling menggunakan fasilitas mobil pustaka. Tim perpustakaan Loka Ghana SMA Negeri 1 Sedayu terdiri dari pustawakan, pustakawan muda yang terdiri dari siswa SMA Negeri 1 Sedayu, mahasiswa PPL UIN, dan TU. Tim perpustakaan membawa buku-buku anak dan  majalah tabloid anak termasuk buku baru eksklusif bahasa inggris dari hasil hibah extension reading foundation (ERF) USA yang berkantor di jepang.

Pada lokasi pertama SD Pedes, perpustakaan keliling lokaghana tiba pukul 08.30 wib. Tim disambut dan dijamu oleh Kepala SD Negeri Pedes 2. Tim perpustakaan mendapat kesempatan berbagi bacaan di 3 kelas yaitu kelas 6, 5, dan 4. Tim perpustakaan juga memberikan kesempatan pada siswa  untuk menceritakan dan memaparkan buku yang dibaca. Tim perpustakaan memberikan hadiah bagi para siswa yang berani memaparkan buku yang dibaca. pada lokasi 2 yaitu SD N 1 Pedes, tim juga disambut serta dijamu oleh kepala SDN 1 Pedes. Tim memperoleh kesempatan berbagi bacaan di kelas 4 dan 5. Pada lokasi ini, pustakawan muda lokaghana siswa kelas XI Sutra Xena juga melaksanakan story telling kepada siswa SD Negeri 1 Pedes. Acara perpustakaan keliling di SD diakhiri dengan foto dan yel bersama “Salam Literasi, Ayo Membaca”. Untuk kegiatan kami bisa disimak di chanel YouTube berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Site Statistics
  • Today's visitors: 7
  • Today's page views: : 11
  • Total visitors : 1,447
  • Total page views: 2,032