Berita Perpustakaan

Fenomena Autumn Equinox

Tanggal 23 September terdapat fenomena autumn equinox. Equinox adalah fenomena saat matahari berada tepat di garis khatulistiwa. Equinox setahun terjadi 2 Kali yakni 20-21 Maret dan 22-23 September.

Pada saat equinox, matahari terbit tepat di timur dan tenggelam tepat di barat. Pada tengah siang, terdapat fenomena tanpa bayangan (matahari berada tepat pada zenith) di kota-kota yang tepat berada di garis khatulistiwa seperti Pontianak.

Pada tanggal 23 September ini, selain fenomena equinox juga terdapat fenomena Rasi bintang Orion berada sejajar dengan matahari. Rasi bintang Orion akan terbit tepat di timur dan berada tepat di Zenit ketika equinox terjadi. *Konon, dari fenomena ini muncul “teori batu pertama kontruksi Borobudur mulai diletakkan? “

(Setelah equinox) matahari akan bergerak semu ke belahan bumi selatan. samudera hindia akan menghangat memicu penguapan. Selamat datang musim penghujan.

Biasakan dukung literasi bermanfaat ini dengan Subscribe, Like, dan Share chanell YouTube lokaghana TV SMA Negeri 1 Sedayu agar kami semangat mendukung dalam mencerdaskan kehidupan bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Site Statistics
  • Today's visitors: 6
  • Today's page views: : 9
  • Total visitors : 1,446
  • Total page views: 2,030