Berita Perpustakaan

Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang halfmoon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki ekor dan sirip yang simetris menyerupai bentuk setengah bulan. Ikan ini merupakan ikan hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Amerika Serikat, yaitu Peter Goettner sekitar tahun 80-an.


Kecantikan ikan ini tidak hanya terlihat di bagian ekor dan siripnya saja, namun juga terdapat dihampir keseluruhan tubuh ikan. Selain itu, gerakan ikan ini juga terlihat anggun. Keindahan ikan ini juga terdapat pada varian ikan plakat, yaitu ikan cupang plakat halfmoon. Hal yang membedakan adalah ukuran ekor ikan cupang plakat halfmoon lebih pendek daripada ikan ini.


Setelah berkembang di Amerika Serikat, ikan ini juga dikembangkan di Perancis. Karena ikan ini sudah mulai populer di kalangan pecinta ikan cupang, ikan ini diikutsertakan dalam sebuah kontes cupang internasional, yaitu IBC. Namun, dalam kontes tersebut, IBC masih belum mengakui kehadiran ikan ini meski ikan ini memiliki segudang keistemawaan dan para juri IBC belum memberikan kemenangan pada ikan ini.


Penilaian IBC tersebut sangat berbeda dengan respon masyarakat mengenai ikan cupang ini. Sejak diikutsertakan dalam kontes IBC di Alabama, ikan ini semakin terkenal. Hal ini diperlihatkan dengan semakin menyebarnya ikan ini di kawasan Eropa lainnya, seperti Swiss.


Karena ikan ini masih di pandang sebelah mata di dalam kontes IBC, para breeder dari Amerika Serikat, Swiss, dan Perancis membentuk organisasi baru yang dinamakan International Betta Splendens Club dengan tujuan untuk mewadahi kontes ikan ini dari berbagai belahan dunia. Dari organisasi tersebut menjadikan ikan ini di kenal di seluruh dunia, termasuk di Asia Tenggara.


Cara Merawat Ikan Cupang Halfmoon


Memelihara ikan ini tergolong cukup sulit. Hal yang tersulit dari ikan ini adalah ekor dan siripnya sering terkena kuman. Jika ekor dan sirip sudah terkena kuman, otomatis ekor dan sirip ikan tidak dapat mengembang. Oleh karena itu, perlu perawatan ekstra pada kedua bagian ini. Berikut beberapa perawatan yang perlu di perhatikan dalam memelihara ikan ini.


1.Akuarium Ikan Cupang Halfmoon
Ikan cupang biasanya diletakkan di dalam wadah kecil. Karena ikan hias cupang sulit untuk dicampur dengan ikan lainnya. Namun, untuk memelihara ikan ini, sebaiknya ikan cupang ini dipelihara di dalam akuarium yang cukup besar.

Hal ini bertujuan untuk menghidari kerusakan pada sirip dan ekornya. Selain itu, keindahan ikan ini bisa kita nikmati jika kita memeliharanya di akuarium. Akuarium yang biasa digunakan adalah akuarium soliter dengan ukuran 15x15x20 cm. Namun, ada juga pecinta ikan cupang menggunakan akuarium yang berukuran 30x15x20 cm.

  1. Air Akuarium Ikan Cupang Halfmoon
    Air yang baik digunakan untuk akuarium ikan ini adalah air PDAM yang sudah diendapkan selama semalam. Air sumur juga bisa kita gunakan. namun, kita harus mengendapkan lebih lama lagi dengan tujuan kandungan air menjadi netral.
  2. Obat Ikan
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal yang tersulit dari memelihara ikan ini adalah memelihara bagian ekor dan siripnya dari serangan kuman. Untuk menghidari hal tersebut terjadi pada ikan cupang kesayangan kita, kita perlu memberikan obat, yaitu garam ikan dengan takaran sedikit ditambah dengan methyline blue. Perbandingan pemberiannya yaitu satu tetes methyline blue untuk enam liter air.
  3. Makanan Ikan
    Makanan ikan ini sebenarnya tidak ada perbedaan dengan makanan ikan cupang lainnya. Makanan yang biasa diberikan adalah kutu air, cacing darah, cuk, dan sebagainya. Pemberiannya harus dikombinasikan antara makanan yang satu dengan lainnya.

Untuk pemberian makan ikan ini, berikanlah pakan dua kali dalam sehari. Waktu yang paling cocok dalam pemberian pakan yaitu pagi dan sore. Dlam memberikan makan ikan cupang, berikanlah pakan secukupnya. Karena, jika kita terlalu banyak memberikan pakan, maka banyak pakan yang tersisa dan bisa mengotori air akuarium.

  1. Kebersihan Akuarium Ikan
    Untuk menjaga agar air tetap bersih dan menghindarkan ikan cupang kesayangan kita terkena penyakit, kita harus mengganti air akuarium secara rutin. Biasanya, air akuarium diganti dua hari sekali. Namun, penggantiannya tidak keseluruhan.

Ganti air setengah saja dari akuarium dan seminggu sekali atau dua minggu sekali air akuarium baru diganti secara keseluruhan. Selain itu, bersihkan juga akuarium ketika kita mengganti semua air akuarium agar ikan cupang kesayangan kita terbebas dari penyakit.

Site Statistics
  • Today's visitors: 6
  • Today's page views: : 9
  • Total visitors : 1,446
  • Total page views: 2,030