Berita Perpustakaan

Cupang Samurai

Cupang Samurai merupakan salah satu jenis ikan cupang yang banyak diminati oleh para “cupang mania”. Terutama jenis cupang Black Samurai, ikan yang dikenal di kawasan Melayu dengan ikan laga black samurai memiliki badan berwarna gelap dengan sisik dragon yang mengkilap jadi ciri ikan cupang ini.

Cupang Samurai memiliki banyak jenis diantaranya Cupang Black Samurai, Cupang Red Samurai, Cupang Blue Samurai, Cupang Orange Samurai. Nama Cupang Samurai diperkenalkan oleh Pichet Plaisanguan orang Thailand yang juga membuat Cupang Dragon dikenal. Menurut beliau ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh Cupang Samurai secara spesifik, karena dibalik nama Samurai itu ada konsep dasar dibalik penamaan cupang samurai tersebut. Nama Samurai itu artinya seorang ksatria, dan seorang ksatria memiliki helm baja.

Jadi Cupang Samurai harus memiliki kepala dengan sisik metalik. Sedangkan bagian tubuh yang lain idealnya harus tanpa sisik metal sama sekali. Untuk warna tubuh tidak terlalu menjadi masalah apakah itu hitam, merah, orange, ataupun kuning. Walaupun cupang Black Samurai yang berbadan hitam yang pertama menjadi acuan, dan juga yang paling dikenal.


Untuk menghasilkan Cupang Samurai yang “sempurna” sangatlah sulit dan jarang dihasilkan. Inilah kenapa walaupun tidak sesuai dengan kriteria cupang samurai, mereka tetap dijual dengan label cupang Samurai.


Banyak peternak ikan menjual Cupang Dragon kualitas rendah sebagai Cupang Samurai. Jadi apa yang menjadikan patokan membedakan Cupang Dragon dan Samurai. Sebagai acuan bahwa semakin sedikit sisik dragon pada tubuh adalah semakin baik, sementara kepala cupang harus penuh dengan sisik metalik. Kekontrasan antara kepala dan badan adalah faktor yang menentukan.

Site Statistics
  • Today's visitors: 6
  • Today's page views: : 9
  • Total visitors : 1,446
  • Total page views: 2,030