Berita Perpustakaan

PINUS KIPAS WHITE CEDAR Thuja Orientalis dan Thuja occidentalis.

Cemara Kipas sering dikenal dengan sebutan ‘White cedar’ atau nama latin Thuja Orientalis dan Thuja occidentalis. Habitat alaminya di hutan basah atau rawa-rawa dengan ketinggian sekitar 10-20 meter. Salah satu ciri-cirinya, cabang daun mengerucut ke samping serta membentuk kipas. Suku Indian mempercayai bahwa cemara jenis Thuja occidentalis ini dapat dijadikan obat kudis. Sedangkan Thuja orientalis dipercaya sebagai obat batuk dan mencret.

Nama umum lainnya: cedar putih utara, arborvitae (Amerika), arborvitae, cedar putih timur, cedar putih, cedar rawa. Tinggi / penyebaran dewasa: Arborvitae (Pohon Kehidupan) dapat tumbuh hingga 40-50 kaki dengan penyebaran 10-15 ‘. Laju pertumbuhan lambat hingga sedang rata-rata 13-24 ″ per tahun dalam kondisi ideal.

Tanah / Iklim: Cedar Putih menyukai tanah kapur, lembab, daerah berawa. Cedar toleran terhadap tanah asam dan basa. Umumnya cukup mudah beradaptasi dan toleran setelah terbentuk, sinar matahari penuh. Keteduhan parsial dapat ditoleransi tetapi tanaman menjadi tipis, terbuka dan kurang menarik. Tumbuhan dengan baik di iklim dingin.

Catatan: White Cedar adalah pohon cemara dengan cabang seperti kipas dan daun bersisik. Bentuk kerucut, kayu padat sangat bernilai karena ketahanannya terhadap pembusukan. Bisa berbatang tunggal atau banyak. Memiliki ujung tumpul berbentuk lonjong berwarna coklat muda atau coklat kemerahan dengan diameter 3/8 -1/2 ″. Kayu secara komersial digunakan untuk pagar dan tiang pedesaan, kayu, tiang, sirap dan dalam pembangunan kabin kayu. Baik untuk pagar tanaman, sekat dan penahan angin: tempatkan bibit dengan jarak tiga kaki untuk pagar yang rapat. Cemara chedar ini dapat hidup hingga 800 tahun dan mengandung banyak Vitamin C di dedaunannya.

Satwa liar: Sering dijelajahi oleh rusa. Tutupi dan sarang burung. Biji dimakan oleh tupai dan burung.

Informasi tambahan tentang Thuja occidentalis dapat ditemukan di tautan: database tanaman USDA USDA NRCS National Plant Data

https://plants.sc.egov.usda.gov/plantguide/doc/cs_thoc2.docx

Site Statistics
  • Today's visitors: 2
  • Today's page views: : 2
  • Total visitors : 1,265
  • Total page views: 1,808