Berita Perpustakaan

HERBAL KUNIR PUTIH BATU PLAWONAN

  1. Lokasi Pabrik CV. Windra Mekar

Windra Mekar adalah Usaha Kecil Obat tradisional (UKOT) dengan produk utamanya adalah Kunir Putih. Windra Mekar berlokasi di Jalan Wates km 9.5 , Plawonan, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta 55753

Teman-teman bisa melihat terdapat Depo Pertamina Rewulu di Utara Jalan Wates Km 9,5, di Selatan Jalan terdapat Gapura bertuliskan Plawonan. Teman-teman bisa masuk ke Gapura dan lurus sampai perempatan, kantor kami berada di sebelah lapangan/kebun kunir putih

CV. Windra Mekar

Plawonan RT 04, Argomulyo, Kec. Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55753

2. Profil Perusahaan

CV Windra Mekar merupakan industri pengolahan obat tradisional yang berlokasi di Bantul, Yogyakarta. Industri ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Hj. Dwiyati Pujimulyani, M.P. yaitu seorang guru besar ilmu pangan pertama di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Produk unggulan CV Windra Mekar yaitu kapsul herbal kunir putih yang merupakan implementasi dari hasil penelitian Prof. Dwiyati dari tahun 2002 sampai sekarang tentang kandungan dan manfaat rimpang kunir putih.

Prof Dr Ir Hj Dwiyati Pujimulyani MP, peneliti kunir putih jenis mangga atau temu mangga dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Agroindustri, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Latar Belakang

Windra Mekar mulai dirintis sejak tahun 2004 oleh Prof. Dwiyati. Setelah selesai melakukan banyak riset tentang kunir putih, beliau memandang bahwa karya tulisnya kurang bermanfaat apabila hanya berbentuk laporan yang terpajang di rak buku. Maka dari itu, beliau berinisiatif membuatnya menjadi produk yang dapat dimanfaatkan oleh orang banyak. Dengan berlandaskan niat ingin membantu orang lain, beliau mulai memproduksi kapsul herbal kunir putih yang bermerk “Curcuval DP” dan Alhamdulillah hingga sekarang dapat berkembang menjadi industri yang lebih besar. Hingga saat ini, industri ini mempunyai visi yaitu untuk belajar tentang kunir putih dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, CV Windra Mekar juga merupakan wujud pengabdian Prof. Dwiyati terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Produk

Produk utama dari CV Windra Mekar yaitu kapsul herbal kunir putih “Curcuval DP” yang sudah terbukti bermanfaat banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, kami juga menyediakan produk lain yang bermanfaat juga yaitu kapsul herbal temulawak. Disamping itu, kami juga mempunyai produk minuman instan herbal “ESEM” dengan 5 varian rasa. Harga yang kami patok sangat terjangkau bahkan bisa dibilang sangat murah karena niat kami mendirikan industri yaitu agar bermanfaat bagi orang lain khususnya masyarakat sekitar. Selain itu disebabkan oleh bahan dasar kunir putih yang diperoleh dari budidaya di lahan keluarga sendiri dan kerja sama yang dilakukan dengan petani maupun kelompok tani di daerah Bantul sebagai wujud pemberdayaan masyarakat.

Kunir putih jenis mangga atau temu mangga merupakan sejenis rimpang dengan kandungan senyawa antioksidan kuat. Senyawa polifenol dalam temu mangga seperti kurkumin, katekin, epikatekin, epigalokatekin, epigalokatekin galat, kuersetin, adalah senyawa kuat penangkap radikal bebas dalam tubuh, bahkan kuersetin punya kemampuan tiga kali lebih kuat dibanding senyawa rutin dalam menangkap radikal bebas. Dengan kandungan berbagai senyawa berfungsi sebagai antioksidan kuat tersebut, membuat kunir putih (Curcuma mangga Val) punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Prof Dr Ir Hj Dwiyati Pujimulyani MP, peneliti kunir putih jenis mangga atau temu mangga dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Agroindustri, Universitas Mercu Buana Yogyakarta menuturkan, manfaat kunir putih diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit degeneratif, kanker, peradangan, penyakit yang berhubungan dengan lemak seperti tensi, kolesterol, asam urat, trigliserid dan gula darah tinggi. Aktivitas antioksidan kunir putih yang diketahui mampu mencegah kerusakan gen, sementara zat kurkumin diketahui bermanfaat sebagai antiradang. Kunir putih juga mempunyai ribosome inacting protein bermanfaat untuk menonaktifkan perkembangan sel kanker, memblokir pertumbuhan sel kanker, juga merontokkan sel kanker (kista atau tumor) tanpa merusak jaringan sekitarnya.

“Banyak keluhan kesehatan akibat berbagai macam penyakit kembali pulih setelah penderita secara rutin mengonsumsi kapsul kunir putih jenis mangga. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah oksidasi organ atau jaringan dalam tubuh. Oksidasi dalam tubuh dihambat, yang terlanjur sudah meradang bisa kembali sehat,” tutur Dwiyati, saat ditemui di rumahnya di Jalan Wates KM 9,5 Plawonan RT 04 Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Distribusi

Produk dari CV Windra Mekar sudah terdistribusi di seluruh Indonesia melalui “Laskar Kunir Putih” yaitu seseorang yang ikhlas menginformasikan manfaat kunir putih kepada orang lain. Berawal dari mereka yang merasakan langsung manfaat dari “Curcuval DP”, Laskar Kunir Putih ini secara ikhlas menyebarkan informasi tentang manfaat produk ke orang lain hingga berniat menjualkannya di daerahnya sendiri. Sistem gethok tular ini yang membuat produk kami dengan mudah tersebar ke seluruh Indonesia.

Karyawan

CV Windra Mekar hingga sekarang memiliki karyawan sebanyak 10 orang karyawan tetap dan 30-40 orang karyawan tidak tetap yang didominasi oleh ibu-ibu. Kami selalu mengedepankan kejujuran, ketekunan, dan tanggung jawab sehingga di dalam benak hati pribadi masing-masing karyawan tidak mungkin ada niatan jelek untuk tidak jujur dan tidak bertanggung jawab. Semua karyawan bekerja setulus hati tanpa ada tuntutan dan beban kerja yang tinggi sehingga mereka selalu betah untuk bekerja secara ikhlas.

Visi Perusahaan adalah Belajar tentang kunir putih (Curcuma mangga Val) dan Bermanfaat bagi masyarakat

Site Statistics
  • Today's visitors: 1
  • Today's page views: : 2
  • Total visitors : 1,039
  • Total page views: 1,506