Berita Perpustakaan

Tokoh:Probosutedjo

Hidup adalah sebuah Mukjizat….

Di dalamnya ada banyak kesempatan untuk melakukan kebaikan

Di dalamnya ada kesempatan untuk menghirup pengalaman

Di dalamnya ada kesempatan untuk mendapatkan hikmah dan nilai hidup

Di dalamnya ada pula kehormatan untuk mendapatkan ujian….

Hingga hari ini bagi saya hidup tetaplah sebuah mukjizat

– PROBOSUTEDJO-

Pak Probosutejo selalu mencanangkan pendidikan masyarakat sebagai “Monumen Hidup” sejak dulu telah mendirikan berbagai sekolahan. SMA Argomulyo merupakan sekolah yang didirikan dalam rangka meningkatkan intelektualitas pemuda di Kemusuk dan sekitarnya. Beliau juga mendirikan Sekolah Menengah Pertanian sebagai tempat mendidik para pemuda pemudi desa setempat agar memperoleh bekal ilmu pengetahuan yang benar-benar sesuai kebutuhannya.

Pak Probo merupakan sosok yang sangat peduli terhadap keberadaan orang-orang yang kurang beruntung, seperti menyantuni fakir miskin dan anak yatim piatu. Pak P{robo selalu ingat kampung halamannya dimana beliau dilahirkan. Setiap tahun menjelang bulan Ramadhan, selain berziarah ke makam leluhur juga membagikan uang kepada masyarakat sekitar yang jumlahnya ribuan orang. Selain membangun fasilitas pendidikan secara lengkap, beliaupun aktif dalam membantu pembangunan berbagai fasilitas umum di Desa Kemusuk, mulai dari pembangunan jalan, balai desa, posyandu, masjid, dan sebagainya.

Bukti lain perjuangan pak Probosutedjo sebagai figur yang idealismenya tinggi dalam memajukan pendidikan adalah melalui pendirian Sekolah mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi bergengsi.  Perguruan tinggi bernama Universitas Wangsa Manggala yang sekarang dikenal sebagai Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY) tersebut semakin menambah wibawa dan kharisma profil Argomulyo dan Kemusuk khusususnya sebagai desa teladan dalam soal pendidikan. Pengalaman menjadi guru Taman Siswa di Pematang Siantar, Sumatera Utara mengantarkan Probosutedjo mendirikan Akademi Wiraswasta Dewantara (AWD) pada 10 Nopember 1981. AWD ini yang merupakan cikal bakal kampus ternama saat ini Universitas Mercu Buana.

Kedekatan Probosutedjo dengan kakak seibu Soeharto ditunjukkan dengan berdirinya Museum Soeharto di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, DIY. Museum yang diresmikan pada 8 Juni 2013 tersebut dibangun atas prakarsa Probosutedjo untuk mengenang salah satu tokoh sejarah bangsa Indonesia yakni HM Soeharto (1921—2008). Pendirian Museum ini sangat bermanfaat untuk mendukung keberlangsungan pendidikan sebagai sumber belajar.

Salah satu pendiri Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia ini rencananya akan dimakamkan di Yogyakarta. Seperti pernyataan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan sosok Probosutedjo adalah sosok yang berkomitmen. “Orangnya sederhana dengan siapa saja bergaul dan komit pada apa yang beliau rencanakan,” Peranan Probosutedjo di dunia pendidikan Indonesia. “Saya menggaris bawahi peran beliau dalam membangun institusi-institusi pendidikan, temasuk universitas yang termasuk besar di Jakarta, yang didirikan dan dibesarkan oleh beliau, Universitas Mercu Buana. Dan di sana ribuan anak-anak kita dididik dan insya Allah akan dicatat sebagai amal jariyah beliau. Kita semua kehilangan,” tuturnya.

Untuk SMA Argomulyo yang berganti nama menjadi SMA N 1 Sedayu, Bapak Probosutedjo memberikan kontribusi yang luar biasa bagi perkembangan baik fisik maupun nonfisik, misalnya pembangunan gedung SMA N 1 Sedayu, memberikan bantuan untuk Masjid di SMA N 1 Sedayu dan juga memberikan beasiswa bagi siswa SMA N 1 Sedayu. Pak Probo juga mengeluarkan dana cukup besar untuk membangun jalan, sekolah-sekolah, tempat ibadah, dan memperbaiki rumah-rumah penduduk di desa Kemusuk.

Dalam kesempatan ini, kami keluarga besar SMA Argomulyo (SMA N 1 Sedayu) mendoakan agar almarhum diterima di sisi Allah. “Insy Allah anak-anak yang shaleh akan terus mendoakan dan amal jariahnya akan menjadi pengalir pahala tanpa henti bagi almarhum Bapak H. Probosutedjo”.

Sumber :

  1. Alberthiene, Endah. 2002. Memoar Romantika Probosutedjo Saya dan Mas Harto. Jakarta: PT Gramedia Pustaga Utama
  2. Nurinwa Ki S. Hendrowinoto, dkk. 2005. H.Probosutedjo 75th Merindukan Kesejahteraan Rakyat Jelata. Universitas Mercubuana-Yayasan Biografi Indonesia
  3. https://nasional.kompas.com/read/2018/03/26/10094201/biodata-probosutedjo-sang-pengusaha-orde-baru

Site Statistics
  • Today's visitors: 6
  • Today's page views: : 9
  • Total visitors : 1,446
  • Total page views: 2,030